Rabu, 28 Oktober 2009

Indonesia Satu


Masih ingatkah anda dengan sejarah peristiwa tangggal 28 Oktober 1928?? Ya pada tanggal tersebut Pemuda Indonesia bersumpah dan pengakuan pada satu tanah air, satu bangsa dan satu bahasa yaitu INDONESIA, diikrarkan pada saat pelaksanaan Kongres Pemuda ke 2 yang dilaksanakan oleh Perhimpunan Pemuda Pemuda Indoesia (PPPI).

Kongres Pemuda 2 dihadiri oleh berbagai organisasi kepemudaan diantaranya Jong Batak, Jong Sumatranen Bond, Pemoeda Kaoem Betawi, Jong Java, Jong Islamieten Bond, Jong Ambon, Jong Celebes, dan pada saat itu juga diperdengarkan untuk pertama kali lagu Indonesia Raya yang diciptakan oleh W.R. Supratman. Inilah tonggak awal perjuangan Pemuda Indonesia yang selalu tampil menjadi garda terdepan dalam setiap peristiwa-peristiwa penting di tanah air seperti di tahun 45, 66, 74 sampai dengan 98.

Tapi kini semangat pemuda terlihat semakin terkikis dengan perkembangan zaman, mereka mudah sekali terprovokasi oleh pihak-pihak yang berkepentingan hanya karena beda kelompok, suku, agama dan ras tertentu, dan isu inilah yang mudah sekali dihembuskan seperti di poso, maluku dan sampit, “tawuran” kini bukan hanya monopoli anak sekolah tetapi sudah merambah ke antar desa penyebabnya hanya masalah kecil seharusnya bisa diselesaikan dengan musyawarah, begitu juga dengan penyalahgunaan NAPZA (narkotika, psikkotropika, dan zat adiktif) dikalangan generasi muda sudah sangat memprihatinkan.

Untuk itu marilah kita tumbuhkan semangat dan jiwa Sumpah Pemuda sejak dini kepada anak-anak kita, dan semoga Pemerintah lebih memberikan kesempatan dan ruang bagi generasi muda untuk mengekspresikan jiwa muda mereka yang dinamis di setiap aspek kehidupan berbangsa dan bernegara..

Ayo Pemuda kamu pasti bisa.......
Bangkitlah Bangsaku .....
Majulah Indonesia ...




Sumber teks Sumpah Pemuda :
http://catherinemaname.files.wordpress.com/2008/11/sumpahpemuda.jpg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar