Kamis, 26 Agustus 2010

Dodol Bekasi


Bekasi sebagai daerah penyangga DKI Jakarta memiliki aneka ragam makanan khas diantaranya adalah sayur gabus pucung yang sudah terkenal, bukan hanya gabus pucung saja tetapi masih ada makanan khas lainnya seperti dodol, picung bandeng dan akar kelapa.

Biasanya, menjelang hari raya Idul Fitri sebagian masyarakat Bekasi akan membuat dodol sebagai makanan khas yang akan mereka suguhkan kepada para tamu pada saat lebaran tiba atau sebagai buah tangan pada saat mereka bersilaturahmi. Karang Taruna Kabupaten Bekasi sebagai wadah pembinaan generasi muda dalam berorganisasi, saat ini mempunyai kegiatan ekonomi produktif melalui pembuatan dodol di Kecamatan Babelan dengan tujuan untuk lebih meningkatkan ekonomi kerakyatan di sektor industri kecil sehinggaa dodol bekasi dapat memberikan penghasilan, membuka lapangan kerja baru di pedesaan serta dodol Bekasi dapat dinikmati oleh masyarakat tidak hanya pada saat hari raya atau perayaan hajatan saja melainkan dapat di munculkan sebagai salah satu industri kecil unggulan di Kabupaten Bekasi. Pengrajin dodol yang yang sudah bekerjasama dengan Karang Taruna dengan merk “Bunga”. Inovasi yang telah dilakukan berupa penambahan cita rasa yang tadinya hanya cita rasa original ditambah dengan rasa durian dan nangka dan bentuk kemasan yang lebih dipercantik.

Pemerintah Kabupaten Bekasi diharapkan membuat suatu kebijakan berupa pembinaan secara teknis maupun pencitraan buah tangan asli Bekasi, sehingga masyarakat yang berkunjung ke Bekasi sudah terbayang bahwa buah tangan yang akan mereka beli adalah dodol Bekasi seperti halnya Kabupaten Garut dengan dodol Garutnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar