Senin, 03 Mei 2010

Sensus Penduduk 2010



Sensus Penduduk tahun 2010 sudah mulai dilaksanakan di seluruh Indonesia, di sekitar lingkungan tempat tinggal kami sudah dilaksanakan pada hari kamis tanggal 29 April 2010 padahal secara resmi sensus dilaksanakan pada tanggal 1 s/d 31 Mei 2010.

Petugas sensus yang datang adalah Ketua RT dan dibantu oleh seorang warga (Pak Ali), karena hari kamis adalah hari kerja, maka pertanyaan-pertanyaan dari petugas sensus dijawab oleh bekas pacar alias istri di rumah, pertanyaan mendasar seperti Nama, jumlah anggota keluarga, agama, suku, pendidikan sampai dengan status kepemilikan bangunan dll.

Sensus Penduduk atau cacah jiwa seperti kita ketahui bersama adalah suatu kegiatan penghitungan jumlah penduduk untuk mengumpulkan informasi mengenai dasar kependudukan dan perumahan sehingga akan diperoleh gambaran kependudukan dan perumahan yang diperlukan untuk menyusun perencanaan pembangunan kependudukan, sosial, ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. (kalo salah mohon dimaaf, maklum pelajarannya statistik udah lama banget….).

Data yang diperoleh dari hasil Sensus Penduduk 2010 semoga benar-benar manggambarkan karakteristik suatu daerah tanpa ditutupi atau dimanipulasi khususnya mengenai angka kemiskinan sehingga dapat digunakan oleh Pemerintah Pusat dan Daerah untuk meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat yang taraf kehidupannya masih kurang beruntung dengan program-program pembangunan yang lebih terarah dan tepat sasaran, dan tidak dimanfaatkan untuk kepentingan dari golongan tertentu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar